Selasa, 09 Maret 2010

1.Wanita Ja'zhariyah ( Wanita yang Sombong dan Kasar )

Wanita ja'zhariyah adalah wanita yang mempunyai beberapa sifat buruk yang sangat dibenci Allah SWT seperti mudah marah / tersinggung, sombong sering membanggakan diri sendiri, keras kepala, kasar, cinta kemewahan. Menurut ahli bahasa Arab arti kata ja'zhariyah berarti keras, kasar, sombong, mudah iri hati dan sukar menerima nasihat.
Padahal orang sombong adalah makhluk yang paling dibenci dan dicela oleh Allah SWT. Allah SWT menyatakan bahwa orang yang sombong tidak akan sampai pada pengenalan terhadap ayat- ayatNya, dan pikirannya tak akan sampai pada perenungan dan tafakur atas rangkaian makna ayat- ayat tersebut.
              
               " Aku akan memalingkan orang - orang yang menyombongkan dirinya
                           dimuka bumi tanpa alasan yang benar, dari tanda - tanda kekuasaan
                           Ku........." ( al Araf : 146


                       " Sesungguhnya Allah membenci setiap orang ja'zhariyah ( sombong lagi 
                          kasar ), jawwazh ( rakus lagi pelit ), sakhkhab ( yang suka berteriak - 
                          teriak ), yang tidur seperti bangkai pada malam hari dan laksana keledai 
                          pada siang hari " ( HR Ibnu Hibban )


Wanita yang sombong sebenarnya melakukan amal perbuatan orang - orang kafir dan orang jahat yang meninggalkan sifat tawadhu. Karena ' kesombongan' itu hakikatnya hanyalah milik Allah SWT, tak layak seorang yang mengaku sebagai muslimah tetapi memiliki sifat sombong terhadap Rabb sebagai Khaliknya, ia pun wajib bersikap tawadhu kepada saudaranya yang terdiri dari wanita muslimah.


Wanita yang sombong mengangkat dirinya melebihi kedudukan yang sebenarnya karena mereka melupakan asal kejadiannya, ia mengira bahwa dirinya jauh lebih baik dan hebat dari orang disekelilingnya. Mereka lupa bahwa asal mereka sama saja yaitu dari nuthfah ( air mani ).


Wanita yang sombong menyandang bermacam penyakit hati seperti ujub ( bangga diri ), dengki, iri, riya ( ingin di puji ) dsb. Ada dua macam sifat sombong yaitu  :

  1. Sombong terhadap Allah SWT ( sombong terbesar ) seperti tidak mau shalat, tidak menutup aurat dsb.
  2. Sombong terhadap hamba Allah SWT yang lain seperti meremehkan orang lain, merendahkan orang lain, menganggap dirinya lebih baik dari orang lain baik terang - terangan maupun dengan isyarat dan perilaku, sehingga amal kebaikannya ditolak dan pahalanya dihapus. Juga wanita yang selalu merasa benar dalam perbuatan dan pemikirannya sehingga menolak nasihat orang lain termasuk kedalam golongan ini.
                                      " Barang siapa yang selalu merasa benar dan berlagak
                                         sombong dalam jalannya ( tingkah laku ), maka ia akan 
                                         bertemu dengan Allah di hari kiamat dalam keadaan Allah
                                         murka padanya " ( HR Ahmad )


AKIBAT SOMBONG DI DUNIA

Kesombongan hanya akan membawa kerugian selain di akhirat yang sudah pasti mendapat siksa neraka, di duniapun pelaku sombong biasanya akan terus hidup dalam kecurigaan, ketakutan dan rasa tertekan akibat takut tersaingi. Ia akan selalu merasa sekelilingnya memusuhinya, menjelekkannya dan merugikannya. Ketidak sukaan sekelilingnya akibat sikap sombongnya diartikan sebagai rasa iri orang lain terhadapnya, sehingga akhirnya ia menderita dalam pergaulan karena dijauhi.
Biasanya orang yang memiliki rasa sombong sejatinya ia memiliki rasa rendah diri yang besar dan jiwanya rapuh. Sikap sombongnya bentuk perlindungan diri yang salah, satu cara memanipulasi keadaan yang sebenarnya.
                                        
    WANITA SOMBONG MASA KINI


    Bermacam - macam wanita sombong di masa modern ini, ada yang sombong karena keturunannya, kecantikannya, hartanya dll. Hati - hatilah para wanita setan mengincarmu setiap saat untuk dijadikan temannya di neraka kelak. Jangan biarkan kesombongan merajai raga dan hatimu sehingga sia - sialah seluruh amal sholehmu. Hadirkan dipikiran dan benakmu keadaan ketika didalam kubur kelak, bayangkan bagaimana kaki, mata, rambut dan seluruh yang kau banggakan dalam tubuhmu, kelak akan hancur dimakan ulat,  semua yang kau banggakan akan musnah dan kalah oleh kematian.Ada baiknya kita suburkan sifat tawadhu dan rendah hati, apapun yang kita miliki. Jangan mau terpedaya oleh bisikan setan terkutuk yang ingin menjadikan kita sebagai temannya di akhirat kelak........Naudzubillah bin zalik.    B E R S A M B U N G       

    0 komentar:

    Posting Komentar