Kamis, 11 Maret 2010

2. Wanita Jawwazhah ( Banyak makan, Royal dan Rakus )


Wanita yang terlalu cinta akan makanan ( tak pernah puas ), boros, kikir, bakhil, pemarah, suka berteriak - teriak, egois dlsb adalah kelompok kedua, wanita yang dibenci Allah SWT. Mereka hidup untuk dirinya sendiri, senang menumpuk - numpuk harta untuk dapat menikmati kesenangan duniawi terutama makanan lezat tak peduli dari mana asalnya, baginya tak masalah apakah itu haram atau syubhat.

Mereka tidak sadar akibat dari apa yang telah mereka lakukan akan membuat doa mereka terhalangi untuk dikabulkan Allah SWT serta membuat mereka memiliki tempat tinggal dineraka kelak di akhirat..........hiiiii audzubillah bin zalik. 

Kalau kita melihat makanan seperti gambar diatas sudah tentu ada rasa keinginan untuk menikmatinya, seperti ketika kita menghadiri suatu pesta, makanan - makanan seperti gambar diatas kerap kali muncul betebaran di seluruh ruangan, sebaiknya kita dapat mengerem dan menikmati secukupnya saja.
Seringkali karena sifat cinta yang berlebihan terhadap sesuatu hal ( termasuk makanan ), akan menimbulkan satu sifat baru yaitu Kikir, rakus, su'uzhzhan ( buruk sangka ) dlsb.
                   " Jauhilah olehmu sifat pelit dan kikir, karena sesungguhnya orang - orang sebelum 
                      kamu hancur binasa karena mereka pelit, Mereka disuruh untuk kikir kemudian 
                      mereka kikir dan bakhil, mereka disuruh memutuskan hubungan silahturahim lalu
                      merekapun melakukannya dan mereka disuruh berbuat dosa ( durhaka ) lalu 
                      merekapun berbuat dosa ( durhaka ) juga " ( HR Ahmad )

Akibat dari sifat - sifat diatas adalah timbulnya perasaan dihantui rasa takut yang berlebihan bila hartanya akan lenyap. Imam Hasan al-Bashri rahimahullah memberikan gambaran tentang wanita Jawwazhah sebagai berikut  : 
Aku tidak pernah melihat orang yang lebih celaka karena harta yang dimilikinya selain orang yang kikir, karena ia terlalu memperhatikan dunia dengan menghimpunnya rasa tidak aman ( selalu gelisah ) di dunia dan tidak akan selamat di akhirat karena dosanya, di dunia hidupnya seperti orang miskin tetapi dihisab kelak dengan perhitungan orang kaya.

Oleh sebab itu, wahai saudaraku hindari sifat diatas yang hanya akan membuat kita mengalami kerugian didunia dan akhirat. Perbanyak amal kita selagi masih didunia karena wanita yang pemurah dan dermawan yang sedikit ilmu dan ibadahnya akan lebih disenangi daripada wanita yang banyak ilmu dan ibadahnya tetapi bakhil dan kikir.


                                                                B E R S A M B U N G

0 komentar:

Posting Komentar